BERITA

  • MTsN 33 Jakarta  Gandeng NanoTech Kembangkan Riset di Madrasah

    MTsN 33 Jakarta Gandeng NanoTech Kembangkan Riset di Madrasah

     Jakarta,( 03/06). Empat madrasah negeri di Jakarta Timur yaitu MTsN 42, MTsN 30, MTsN 18 dan MTs Negeri 33 Jakarta membangun kerjasama dengan NanoTech dalam satu program " Research Base Learning" untuk melahirkan peneliti muda mengembangkan riset di madrasah masing-masing. Workshop perdana ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 2 sampai 3 Juni 2022 bertempat di Aula MTsN 18 Jakarta.

    MTsN 33 Jakarta mengirim perwakilan siswanya dalam workshop RBL, yaitu bidang keagamaan diwakili oleh Farida Anisa Insani dan Alikah Khansa Humaira dan bidang sains, diwakili Habibie Anugerah Islamy dan Rizqi Prasetya.

     Permono Adi Putro, peneliti dan penulis jurnal nasional dan internasional sebagai narasumber dalam kegiatan ini, memberikan bimbingan kepada peserta ini dengan membangun ide-ide kreatif peserta sehingga memungkinkan menjadi riset untuk ditindak lanjuti.

    Sementara, Idham selaku ketua panita program ini mengungkapkan awal mula menawarkan kerjasama lembaganya kepada madrasah ketika melihat bahwa madrasah mulai menggaungkan riset untuk siswa di madrasah-madrasah. "Tujuan utama kita itu untuk membangun pola fikir anak-anak sehingga pola fikir dengan sains dan terbiasa dengan riset ilmiah" ungkapnya

    Kerjasama dengan NanoTech sebagai konsultan dan juga sebagai mentor kepada siswa selama empat bulan ini berupa  bimbingan langsung dengan para peneliti dari NanoTech dalam proses riset yang dilangsungkan oleh siswa di Madrasah.

    "Saya senang dengan kegiatan ini, karena memang dasarnya saya menyukai hal-hal yang baru" Ungkap Rizki Prasetya sambil menuliskan ide-ide dan aksinya dalam rencana riset ilmiah yang akan dilakukan.

    Sementara salah satu pendamping dari MTsN 33 Jakarta mengungkapkan bahwa NanoTech sebagai konsultan dan mentor siswa sangat bagus dan memiliki kerangka yang mudah bagi para peserta sehingga siswa tidak merasa bahwa riset itu sulit namun ternyata mudah.

     

     

     

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks